100 Caleg, Kampanye Merusak Lingkungan

Caleg Rusak Pohon

PRESS RELEASE

Salam Lingkungan,

Kawan-kawan jurnalis yang terhormat, dengan dimulainya lembaran baru, di awal 2009, kami Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan – KJPL, ingin menyampaikan hasil temuan dan pantauan tim kami, khususnya jelang dilaksanakannya pemilu legislatif dan presiden di tahun ini.

Beberapa pelanggaran dalam masa kampanye caleg dan parpol, sudah kami kumpulkan dan sebagaian besar terbukti merusak lingkungan, diantaranya dengan menempelkan gambar wajah mereka di pohon, bahkan ada yang memaku dan menggunakan pohon sebagai sandaran berdirinya baliho atau poster wajah para caleg.

Kondisi ini diprediksi akan semakin banyak, dan terus bertambah, khususnya sesudah dimenangkannya, gugatan yang diajukan M SHOLEH Kader PDI Perjuangan Jawa Timur, ke Mahkamah Konstitusi (MK), yang menyatakan caleg terpilih adalah caleg dengan suara terbanyak dalam pemilu legislatif, bukan berdasar nomor urut caleg, seperti pada pemilu 2004 lalu.

Kami sebagai bagian dari masyarakat, menginginkan adanya pemahaman yang positif dari masyarakat, kalau dalam memilih wakil mereka di legislatif, sebaiknya memilih caleg yang punya kepedulian pada lingkungan.

Kalau para caleg ini, sudah tidak punya kepedulian pada lingkungannya, jangan harap mereka akan peduli pada kader atau simpatisan yang sudah memberikan suara pada mereka, waktu pemilu.

Untuk itu, kami menghimbau, agar warga masyarakat, tidak tertipu dengan wajah cantik atau ganteng dari para caleg yang terpampang di pinggir-pinggir jalan, dipaku di pohon, ditempel di tiang listrik atau telepon, bahkan di cat di tembok.

Mari kita sebagai masyarakat yang demokratis, lebih bijak, dalam menentukan masa depan bangsa kita, dengan menitipkan aspirasi kita, pada calon legislatif yang punya kepedulian tinggi pada lingkungan, tidak sekedar janji atau ucapan, tapi praktek nyata di masyarakat dan lingkungannya.

Untuk memperkuat hasil pantauan dan temuan kami, tentang caleg-caleg yang melanggar dan merusak lingkungan, kami sertakan foto wajah mereka, dan bukti perusakannya. Semoga kawan-kawan jurnalis bisa melihat langsung para pelaku dan ”koruptor ” lingkungan yang se-enaknya saja menampangkan wajahnya di pohon-pohon ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Mari Selamatkan Lingkungan dan Bumi kita dari perusakan, demi masa depan generasi kita. [KJPL]

Salam hormat,

Teguh Ardi Srianto
Ketua

081 2311 2707  – 083 8595 7007

Foto lengkap para koruptor lingkungan, bisa di akses di website KJPL www.kjpl.wordpress.com dan www.kjpl-indonesia.blogspot.com. [KJPL]

Berita Lainnya

Leave a Comment