3000 Burung Dilepas Peringati Hari Cinta Puspa Satwa Nasional 2008

Indonesia Habiskan 1 Miliar Dolar Perbaiki Lahan

Dalam rangka Hari Cinta Puspa Satwa Nasional 2008, sekitar 1000 siswa SDK Santa Theresia I Surabaya megadakan serangkaian kegiatan lingkungan hidup di SDK Santa Theresia I Surabaya, Jl. Residen Sudirman 5 Surabaya, Senin 3 Nopember pukul 08.00 wib. Serangkaian kegiatan lingkungan hidup yang akan dilaksanakan ini merupakan ide dan gagasan para siswa yang aktif menjadi koordinator pengelola lingkungan hidup di sekolah yang berlokasi di sebelah gereja Kristus Raja Surabaya tersebut.

Serangkaian kegiatan lingkungan hidup tersebut adalah pelepasan 3000 burung bebas ke udara yang dibawa seluruh siswa, road show satwa Kebun Binatang Surabaya, pameran poster puspa satwa ukuran A2 terbaik hasil lomba internal sekolah, pembagian tanaman Sansivera hasil pembibitan siswa dan pemecahan rekor dunia Indonesia ular tangga terbesar ukuran 12×12 meter tema lingkungan hidup.

Pada Roadshow Satwa, akan dihadirkan sejumlah satwa hidup dan diawetkan yang menjadi koleksi Kebun Binatang Surabaya. Sejumlah satwa yang akan dihadirkan di sekolah tersebut adalah bayi Siamang (jenis primata), burung Kakatua, dan beberapa jenis burung lainnya. Selain juga akan dihadirkan komodo dan orang utan yang diawetkan. Satwa-satwa tersebut tidak hanya didisplay di sekolah pada pagi itu, melainkan juga akan diadakan dialog oleh siswa dengan petugas konservasi Kebun Binatang Surabaya.

Sementara itu Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) ditetapkan tiap tanggal 5 November, melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1993 (Soeharto). Sejumlah Puspa (tumbuhan/flora) dan satwa (hewan/fauna) ditetapkan menjadi Identitas Bangsa Indonesia. Ada Puspa dan Satwa Bangsa, Puspa dan Satwa Pesona, serta Puspa dan Satwa Langka. Puspa Bangsa adalah Bunga Melati (Jasminum sambac), Puspa Pesona adalah Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis), Puspa Langka adalah Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii), Satwa Nasional adalah pada Komodo (Varanus komodoensis), Satwa Pesona adalah Ikan Siluk Merah (Scleropages formusus), dan Satwa Langka adalah Elang Jawa (Spizaetus bartelsi).

SDK Santa Theresia I Surabaya merupakan sekolah binaan Tunas Hijau, yang selama dua tahun berturut-turut 2007 dan 2008 mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup “Adiwiyata” dari Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono. Layaknya penghargaan Adipura bagi kota/kabupaten, Adiwiyata adalah penghargaan khusus Pemerintah Indonesia bidang lingkungan hidup untuk sekolah. [KJPL]

Berita Lainnya

Leave a Comment