70 Jenis Badai Terjadi Akibat Perubahan Iklim

460 Ribu Hektar Hutan Berubah Jadi Lahan Terlantar

Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi mengatakan, sekitar 70 jenis badai terjadi sekarang ini akibat perubahan iklim secara ekstrim melanda dunia.

Catatan ilmuwan terhadap jenis badai itu, merupakan fenomena alam yang tidak bisa dicegah lagi akibat perubahan iklim, kata Numberi, di sela-sela pembukaan International Ocean Science, Teknologi dan Industry, di Manado, Senin.

Padahal sekitar 20 tahun lalu, hanya ada 20 jenis badai yang sempat dicatat ilmuwan, dan merupakan peningkatan terbesar dalam kurun waktu beberapa tahun.

Perubahan iklim cukup memberikan pengaruh luar biasa bagi kehidupan manusia, sehingga ancaman yang sebagian besar dari laut perlu dipikirkan langkah antisipatif secara optimal.

Menurut dia, kehadiran International Ocean Science, Teknologi dan Industry, yang merupakan bagian dari “side event” dari World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) Summit, 11-15 Mei 2009, sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Menteri mengharapkan pameran International Ocean Science, Teknologi dan Industry, bisa memberikan masukan terbaik dalam membicarakan perubahan iklim dan pemanasan global.

Bahkan ada temuan teknologi yang memantau perubahan iklim di dunia, serta menjadi pembelajaran bagi masyarakat, katanya. [KJPL]

Berita Lainnya

Leave a Comment