8 Kasuari Direlease Ke Papua

8 Kasuari Direlease Ke Papua

8 ekor Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) di kandang transit milik Balai Besar KSDA Jawa Timur, Juanda, Sidoarjo, dkembalikan (direlease) ke habitat asalnya, Jumat (17/08/2018).

Kedelapan Kasuari itu hasil operasi penertiban peredaran tumbuhan dan satwa liar di Bandara Juanda Surabaya pada 11 November 2017 lalu.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, pada Pasal 19 disebutkan, penyelamatan jenis tumbuhan dan satwa diantaranya dapat dilakukan dengan mengembalikan ke habitatnya.

Sebagai tahap awal, sudah dilakukan Proses pengambilan sampel PCR AI dari burung Kasuari oleh Balai Karantina Pertanian Surabaya, 29 Juni 2018 lalu. Langkah ini untuk memenuhi syarat bebas Avian Influenza atau flu burung untuk memasuki Provinsi Papua.

Burung-burung Kasuari itu direncanakan akan dikembalikan di hutan lindung yang dikelola Alex Waisimon dan masuk wilayah kerja Balai Besar KSDA Papua di Jayapura.

Kedelapan Kasuari yang berumur 10 bulan itu, diharapkan dapat kembali ke habitatnya dan berkembangbiak dengan baik.

Proses pengembalian delapan ekor Kasuari itu, juga dapat perhatian khusus dari Manohara Odelia Pinot Artis dan Model yang sekarang juga jadi Aktivis Lingkungan dan Pemerhati Satwa. [KJPL]

Berita Lainnya

Leave a Comment